Sabtu, 12 Mei 2012

Pendidikan


Pengalaman Pertama

Blended learning, merupakan pengalaman yang amat baru bagi saya. Kemarin malam, saat saya tahu bahwa pembahasan mata kuliah pendidikan hari ini adalah blended learning, saya langsung mencari informasinya di internet. Saat membaca saya kurang begitu mengerti, tetapi saat teman saya memberitahukan bahwa kami diminta untuk berdiskusi lewat gmail, baru saya mulai mengerti apa itu blended learning. Tetapi kendala saya tidak hanya sampai disitu, saat saya mulai mencoba berdiskusi menggunakan gmail, saya mengalami kendala pada sinyal dari jaringan internet itu sendiri. Selama beberapa jam saya berusaha agar dapat menggunakan diskusi lewat gmail itu tetapi tidak berhasil. Saya kira cara saya yang salah, sampai – sampai saya menelepon teman – teman saya untuk menanyakan langkah – langkah peggunaan. Sempat saya mulai emosi sendiri, hahaha. Akhirnya karena memang tidak bisa, keesokan harinyalah saya lanjutkan usaha saya tersebut. Pagi hari, hari ini tanggal 12 Mei, didalam kelas, saat saya datang, semua mahasiswa sudah sibuk dengan laptopnya. Dimana memang kami dihimbau untuk membawa laptop setiap individu. Saya pun membuka laptop saya, dan berusaha kembali membuka laman gmail tersebut. Ternyata masalahnya ada pada modem saya, saat saya memakai wifi kampus, saya dapat dengan mudah mendapatkan jaringan untuk melakukan diskusi. Akhirnya diskusi saya dengan dua teman saya, dhara dan dina dimulai. Kendala lain kami temui kembali. Pada awal diskusi, wifi mengalami masalah, dan tiba – tiba kehilangan jaringan. Akhirnya kami menunggu cukup lama sampai jaringan kembali. Saat jaringan kembali, kami memulai diskusi tentang blended learning itu sendiri. Walaupun pada awalnya kami agak bingung, apa yang harus kami diskusikan, setelah berjalan, kami pun mulai lancar berdiskusi. Berdiskusi lewat gmail itu merupakan pengalaman pertama bagi kami semua. Jadi kami masih agak bingung saat melakukannya, sehingga masih diselingi dengan diskusi lewat percakapan, baru kami tuangkan dalam gmail tersebut. Selama diskusi berjalan, beberapa kali jaringan pun kehilangan sinyalnya. Jadi hal itu agak menggangu kelancaran diskusi kami. Bahkan pada sekitar jam 10, lampu tiba – tiba padam. Dan beberapa menit kemudian saat lampu padam, jaringan terputus. Sehingga banyak dari kami yang tidak dapat melanjutkan diskusi kami. Setelah kehabisan bahan diskusi, kami pun mengirim hasil diskusi kami keada dosen pengampu kami, untuk dievaluasi.  Itulah pengalaaman pertama saya dalam menggunakan blended learning. Pengalaman yang begitu berkesan walaupun mengalami banyak sekali kendala, bahkan kesalahan yang saya lakukan pada mata kuliah tersebut.


LOVE,
Jenet 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar