Jumat, 16 Maret 2012

Tugas pribadi 1

Teknologi dan Pendidikan

Tegnologi adalah tema penting dalam pendidikan, jadi tegnologi akan sering dibahas dalam pembahasan pendidikan selanjutnya.

1. Revolusi teknologi
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi di mana kita kini hidup. masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian non teknologi mendasar, seperti : keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berfikir mendalam, berfikir kreatif, dan bersikap positif.

Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama beberapa dekade, tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban. Namun kini teknologi berubah secara dramatis. Perhatikan fakta bahwa pada 1983 hanya ada sekitar 50.000 komputer di sekolah-sekolah Amerika. Pada tahun 2002 ada lebih dari 6 juta komputer. Setiap sekolah di Amerika kini sedikitnya punya 1 komputer.

Walau penggunaan komputer berpotensi meningkatkan pembelajaran murid sekolah masih ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi ini dibanding lembaga lain. Sebuah survey yang dilakukan oleh Office Of Technology Assessment 1995 menemukan bahwa mayoritas guru tidak akrab dengan komputer. Guru tidak memiliki pengetahuan memadai dalam penggunaan komputer.

2.  Internet

Internet adalah inti komunikasi melalui komputer/ Sistim internet berisi ribuan jaringan komputer yang tehubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat di akses murid.

World Wide Web adalah sistem pengambilan informasi hyper media yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafiks. Web memberikan struktur yang dibutuhkan internet.

Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang di masukkan oleh individu atau organisasi.

E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu.


3.  Menggunakan Internet Di Kelas

Berikut ini beberapa cara efektif untuk menggunakan internet di dalam kelas :
- Untuk membantu menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan.
- Mendorong belajar bersama.
- Menggunakan E-mail.
- Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru.


 4.  Teknologi dan Diversitas Sosio Kultural

Teknologi membawa beberapa isu sosial. Dalam sebuah studi oleh National Association of Educational Progress, hampir sepertiga murid kulit putih memiliki komputer sendiri, sedangkan murid latino dan Afrika-Amerika hanya sebesar seperlima (Sutton, 1995). Dan keluarga dengan murid lelaki lebih mungkin memiliki komputer sendiri ketimbang keluarga yang punya murid perempuan (deVillar dan Faltis, 1955).
Sekolah yang memiliki lebih banyak murid minoritas berpendapatan rendah cenderung menggunakan komputer untuk latihan menulis dan berhitung.

Berikut ini beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam penggunaan komputer :
- saring teknologi untuk menghilangkan bias gender kultural dan etnis.
- gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yabg aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang.
- beri murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan teknologi secara efektid di dalam kehidupan.
- bicaralah dengan orangtua tentang pemberian aktifitas belajar berbasis komputer di rumah.


5.  Masa Depan : Komputer dimana-mana

Penghitungan pada awalnya dilakukan dengan komputer besar, yang dipakai bersama-sama oleh banyak orang ( Bitter dan Pierson, 2002). Sekarang ini kita berada di era komputer pribadi dimana satu orang mempunyai satu komputer. Beberapa pakar komputer percaya bahwa generasi komputer berikutnya akan berupa ubiquitous computing, yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan. Ringkasnya ubiquitous computing akan beruba dunia paska PC. Perangkat teknologi umum seperti telepon dan perangkat elektronik lainnya akan terkoneksi dengan internet dan pengguna mungkin tidak menyadari perangkat mana di lingkungannya yang terkoneksi.


Dikutip dari: Psikologi Pendidikan, edisi kedua - John W. Santrock, halaman 492-500


Love,
jenet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar